DAERAH  

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Polres-TNI Dan Instansi di Lampura Gelar Pasukan Operasi Ketupat

Lampung Utara – Jelang hari raya Idul Fitri 1440 H, Polres Lampung Utara (Lampura) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2019 yang diselenggarakan di halaman Mapolres setempat. Selasa (28/5/19).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut, di pimpin langsung Kapolres Lampura, AKBP Budiman Sulaksono, S.IK, dan di hadiri Forkopimda, Dandim 0412/LU diwakilkan oleh Pasi Ops, Lettu Inf Jauhari, Sub Denpom/LU, Kapten CPM Stepanus, Kimal Lampura diwakilkan Pelda Haikal, Danki Brimob, AKP Jemy, Dishub, Diskes, Satpol PP, Saka Bhayangkara dan Senkom Lampura.

Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolres Lampura mengatakan, kegiatan operasi Ketupat 2019 yang akan digelar selama 13 hari kedepan, mulai 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019.

“Ada 11 Polda yang masuk dalam skala prioritas pengamanan OPS ketupat, salah satunya yaitu Polda Lampung,” tutur AKBP Budiman Sulaksono, S.IK.

Masih kata Kapolres Lampura, dua poin penting tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini, diantaranya, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kemudian yang kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Adapun untuk menjamin keamanan bagi para pemudik yang melintasi jalan Lintas Sumatera bagian tengah wilayah Lampura, Polres setempat telah menerjunkan sebanyak 149 personil dengan di backup TNI dan instansi lainnya.

“Kami telah mendirikan  5 Pos, yang terdiri dari 4 Pospam yang terletak di Simpang Propau Abung Selatan kemudian di Gunung Anger selanjutnya di Simpang Wayrarem, dan di Pasar Bukit Kemuning, kemudian satu Pos Pelayanan terletak di jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara atau tepatnya depan Rumah Makan Taruko Jaya 1,” kata AKBP Budiman, seraya menjelaskan beberapa sniper juga di tempatkan sepanjang Jalan Lintas Sumatera.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Lampura menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Lampura yang akan mudik untuk merayakan Idul Fitri, hendaknya memastikan rumah dalam keadaan aman.

“Apabila akan berpergian pastikan kompor dalam keadaan mati, selang tabung gas sudah terlepas, pintu dan jendela telah terkunci, pastikan juga listrik dalam keadaan mati dan bagi masyarakat yang akan menitipkan kendaraan ataupun barang-barang berharga Polres Lampung Utara siap untuk menerima penitipan barang-barang tersebut,” himbau Kapolres Lampura. (RH)