Masih Ada Warga Belum Terkontrol Terutama Pendatang dari Luar Daerah

oleh -

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Menindak lanjuti gerak  Gugus Tugas, tentu perlu adanya kerja terpadu dalam penanggulangan wabah Covid-19. Diawali dengan tupoksi masing-masing, di dukung kesiapan komunikasi 24 jam. Tujuan tersebut agar warga tidak resah dan tidak kesulitan menginformasikan kepada yang berkompeten saat ada kejadian secara tiba-tiba. Kecepatan informasi tersebut sangat dibutuhkan, seperti keluhan warga didaerah Dusun Suruhan kecolongan adanya pendatang tidak di deteksi.

Salah satu warga Desa Sirnoboyo – Suruhan Kec. Pacitan Aris Diono (Selasa,7/4/2020), Ia mengatakan,”Memang bener di daerah saya belum ada kontrol bagi pendatang dari luar. Karena selama ini kurang mendapatkan pengetatan dari pihak Desa sendiri.”

Sebelumnya, sudah menjadi pembicaraan diruang Komisi IV DPRD Pacitan, pada saat Hariawan menyampaikan bahwa Partai NasDem dalam hal ini mendukung bergerak bersama – sama dengan Pemerintah Daerah melalui Gugus Tugas harus dimaksimalkan sampai ketingkat Desa bahkan sampai ketingkat RT.

“Gugus Tugas yang ada di Kecamatan harus dimaksimalkan, pencairan dana desa juga harus dipercepat,” terangnya.

Sementara itu, Hariawan, ST, salah satu anggota Dewan, bahkan berpesan agar semua menyatu menghadapi persoalan ini. “Tidak waktunya kita mengeluarkan kritik. Kami dari DPRD dalam hal ini saya dengan Mas Bambang dari Partai NasDem  justru mendorong apa yang harus diperbuat oleh Pemerintah Daerah. Penanganan ‘COVID-19’ ini penting mumpung Pacitan itu tidak masuk peta merah, kita harus tegas kepada orang yang mudik dan harus terkontrol, kalau perlu gerakkan relawan juga harus di hitung dengan anggaran yang ada, apa yang di cancel ya harus di ‘Cancel’, mestinya harus ada rapat koordinasi lebih jelas tentang anggarannya,” tegasnya.

Sedangkan untuk penggunaan anggaran, menurutnya harus diperjelas dan tidak meninggalkan konteks aturan main tapi dengan cepat langkahnya. Bahkan, Bupati dan jajarannya harus cepat melakukan tindakan yang ada.

Hal senada juga disampaikan senior Nasdem, Bambang Setyabudi,  bahwa di Toko, Pasar masih ramai dan perlu ada ketegasan. Tidak hanya pada PDP, ODP dan sebagainya, tapi pencegahan diutamakan karena masyarakat juga harus dilindungi. Dari Partai NasDem sendiri meminta di struktur Gugus Tugas melindungi masyarakat Pacitan yang jumlahnya ratusan ribu dan masalah informasi diharapkan satu pintu saja untuk menghindari ketidak akuratan data dengan didukung Hp ON 24 jam biar selalu terpantau. (MJ)