DAERAH  

Tumpukan Enceng Gondok Terganggu Aliran Sungai Bubon

Meulaboh, Nusantarapos.co.id – Aliran sungai Bubon yang bermuara ke Kuala Bubon Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat, kini tampaknya kurang Lancar. Hal tersebut karena tumpukan Semak dan enceng gondok masih berkembang tumpukan ditengan sungai tiang bekas jembatan besi hubungan ujong nga blang dengan blang bale.

Beberapa sumber menyebutkan Aliran sungai Bubon bukan tidak lancar tapi kelihatan sungai sudah sempit, di pinggarannya sudah ditumbuhi enceng gondok walaupun telah dibersihkan. Namun d kawasan blang bale hampir menutupi enceng gondok, menyebabkan Daerah aliran sungai (DAS) lambat.

Adnan salah seorang pencari udang disungai hari Sabtu (24/10/2020) pada Nusantarapos menyebutkan. “Saat kami bersampan disungai mencari udang dengan menahan bubu disungai sangat sulit enceng gondok hampi ketengah sungai, apalagi mengunakan jala untuk tangkap ikan sering tersangkut kayu yang ada dalam sungai bersama enceng gondok, jika tidak perintah gotong royong pembersihan lagi sungai Bubon besar kemungkinan akan terjadi luapan saat banjir ke areal persawahan Gampomg Ujongnga,” ungkapnya.

Keuchik Gampong Rangkileh Umardani juga mengatakan pemberbisan sungai Bubon sebelumnya telah dilakukan oleh. BPBD Kabupaten Aceb Barat beserta pembersihan Sungai Krung mate.

“Kalau sekarang sudah berkembang lagi enceng gondok seperti di kawasan blang bale itu diusulkan ke pihak tertentu, agar dapat ditangani demi tercipta yang baik,” sebutnya.

Beberapa pencari lokan atau kerang disungai selamai. Ini belum.bisa ber aktifitas menyangkut aliran sungai tidak menentu turun pasang lama ,jika kami menyelam cari kerang agak payah air sungai semakin dalam sebut Dahlan yang temui di Gampong Ujongnga.

Dambakan masyarakat pembersihan sungai Bubon untuk.dilakukan.lagi dengan. berbagai tehnis terhadap enceng gondok yang masih berkembang dalam sungai. (Muhibbul Jamil).