Upacara Peringatan Harjalu Ke 765, Dengan Mengusung Budaya Jawa

oleh -

Lumajang, Nusantarapos Upacara memperingatan Hari Jadi Lumajang atau Harjalu ke-765, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya seluruh pelaksanaan upacara tahun ini menggunakan kalimat Bahasa Jawa.

“Jadi ini merupakan salah satu bentuk mengusung dan melestarikan budaya, karena Lumajang mayoritas penduduknya memakai Bahasa Jawa,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat dimintai keterangan setelah melaksanakan upacara, di halaman Pemkab Lumajang, Selasa (15/12/2020).

Menurut Wabup, meskipun dalam suasana pandem Covid-19, pemerintah tetap konsisten dalam menggali dan memaknai Harjalu dengan keterbatasan dan kesederhanaan, seperti tetap melakukan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan serta stakeholder terkait yang telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Lumajang.

“Kami berterimakasih kepada tenaga kesehatan dan berbagai pihak yang telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 dan berharap pandemi ini segera berakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaiffudin menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan upacara yang menggunakan Bahasa Jawa.

Menurut Wakil Rakyat yang juga Ketua PKB mengatakan, bangsa yang besar dan bangsa yang kokoh adalah bangsa yang mapan budayanya dan menghormati budayanya.
“Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten yang menggelar upacara Harjalu dengan Bahasa Jawa,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Anang berharap, eksekutif dan legislatif dapat menjalin sinergitas yang baik dalam membangun Lumajang.

“Harapan saya, ke depan go lopez kuntol bares, eksekutif dan legislatif partisipasi publik itu harus seiring dan seirama serta inheren (berhubungan erat) dalam membangun Lumajang,” pungkasnya.
Sementara itu, pelaksanaan upacara bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Lumajang, Pembaca Naskah Sejarah Lumajang, Ketua DPRD Lumajang, sementar bertindak sebagai Komandan Upacara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Yoga Pratomo.(naf)