Pemdes Rejosari Barat Bekali Kaum Ibu dengan Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca

oleh -

 

Nusantarapos,- Dalam rangka memberdayakan dan membantu meningkatkan ekonomi keluarga, puluhan kaum ibu di desa Rejosari Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang mendapat pelatihan pemanfaatan kain perca (limbah jahit) dengan pelatih/Narasumber Hamidah Nur dari LPK Alkautsar Tersono, bertempat di Aula Balai Desa Rejosari Barat, Senin (17/12/18).

Setiyarso Kades Rejosari Barat yang membuka pelatihan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan tersebut menggunakan dana desa kurang lebih mencapai 5 juta, sehingga harapannya dengan pelatihan kali ini akan dapat membantu menambah penghasilan rumah tangga.

Sementara Pelda Zaenal Arifin Babinsa Koramil 06/Tersono mengajak kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan serius dan mengikuti semua materi yang diberikan oleh pelatih, tanyakan yang kurang jelas dan setelah pulang ke rumah juga mencoba lagi agar tidak lupa.

Hamidah Nur nara sumber pelatihan tersebut menjelaskan bahwa pelatihan pagi itu adalah pemanfaatan kain perca untuk penbuatan selimut karena dinilai lebih menjanjikan, sehingga harus mix and match (dituntut dapat menggabungkan motif dan warna yang enak dipandang) sehingga hasilnya akan dapat menarik.

“Pelatihan kali ini apabila ibu ibu serius akan sangat bermanfaat karena ini menggunakan kain perca/limbah, karena modal kita sedikit akan menghasilkan nilai jual yang tinggi dan yang kita buat berupa selimut, berbeda bila yang kita buat keset dan tas kemungkinan nilai jualnya tidak seperti ketika kita membuat selimut” paparnya.

Nur Khasanah (38) warga Dukuh Luwung peserta pelatihan tersebut mengikuti kegiatan tersebut dengan serius karena bertujuan untuk membekali ketrampilan diri dalam upaya untuk membantu suami dalam peningkatan ekonomi keluarga dan tidak harus belajar dengan biaya sendiri.(Pen-0736).

Comment