Direktur LPI: Lewat Catur Kita Semua Gens Una Sumus

Jakarta, Nusantarapos – Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) kembali menggelar turnamen LPI Chess Cup II 2019. Kali ini turnamen yang diikuti ratusan peserta digelar di Maria Convention Hall, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (31/3/2019). 

Dalam sambutannya Direktur LPI, Boni Hargens mengatakan, turnamen ini adalah sebuah kegiatan sekaligus seruan moral agar proses elektoral menjelang Pemilu dan Pemilihan Presiden 17 April 2019, harus tetap mengutamakan akal sehat, sportivitas, dan integritas.

“Keadaan ini sudah tidak sehat bagi bangsa, peradaban dan martabat kita sebagai manusia Indonesia,” kata Boni, saat membuka acara Open Tournament LPI Chess Cup II 2019.

Untuk itu, tambah Boni, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah kelompok masyarakat dari beragam latar belakang politik, menyelenggarakan turname ini. Sebagai bentuk komitmen moral politik untuk merayakan pemilu dengan semangat kegembiraan dan persaudaraan.

“Sebagaimana motto catur dunia, Gens una sumus, (kita satu kawanan, satu keluarga), kami ingin semangat kekeluargaan dan persaudaraan ini harus tetap terjaga di tengah perbedaan pilihan politik. Sebab, bagaimanapun di atas segalanya, masa depan NKRI dan ketahanan Pancasila adalah tanggungjawab setiap anak bangsa yang di dalamnya kita semua yang ada di sini ikut terpanggil,” ujarnya. 

Lebih lanjut, kata Boni mengungkapkan hoaks dan ujaran kebencian tidak mempunyai ruang di atas papan catur. Siapapun yang menang atau kalah dalam pemilu, kita tetap di sini dengan catur yang sama sebagai satu keluarga besar Indonesia. “Semoga politik pemilu kali ini pun harus bebas dari segala bentuk hoaks, fitnah, dan demagogi kebencian,” ungkap Boni.