Dialog Interaktif Kapolda Papua Menghadapi Kalender Kamtibmas 2020

oleh -

Jayapura, Nusantarapos.co.id – Jelang pergantian tahun 2020 kapolda papua, irjen pol paulus waterpauw melakukan dialog interaktif bahas situasi kamtibmas.

Sebagai Narasumber Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Ketua PBNU Provinsi Papua Tony Wanggai, Ketua PGPI Pdt. M. T. H. Maury dengan pemandu siaran saudara Arul Firmansyah.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya menyampaikan terkait refleksi akhir tahun Polda Papua Tahun 2019 Bidang Kriminalitas, Kasus kejahatan konvensional yang ditangani Polda Papua dan jajaran Selama Tahun 2019 sebanyak 3.203 kasus sedangkan Tahun 2018 sebanyak 2.372 kasus sehingga mengalami peningkatan 35,03% (831 kasus). Ada beberapa kasus konvensional menonjol yaitu pencurian kendaraan bermotor selama Tahun 2019 terjadi sebanyak 1.667 kasus jika dibandingkan dengan Tahun 2018 sebanyak 1.357 kasus berarti Tahun 2019 terjadi peningkatan sebanyak 310 atau 23%. Sementara untuk penyelesaian kasus Tahun 2019 sebanyak 596 kasus, dibandingkan dengan Tahun 2018 (527 kasus) mengalami peningkatan sebanyak 69 kasus atau 13,09%.

Ketua PGPI Pdt. M.T.H. Maury pada kesempatannya menyampaikan bahwa Mental spiritual dari individu baik itu dia sebagai umat pada masing-masing, jadi pimpinan gereja maupun semua untuk bergerak lebih cepat dan bergerak bersama Polri dan TNI untuk masalah pembinaan mental spiritual.

Sedangkan menghadapi beberapa hari kedepan ini untuk tahun baru 2020, situasi dan kondisi sudah dihimbau agar dapat menyampaikan baik lewat khotbah-khotbah melalui pendeta kepada hamba-hamba Tuhan. Di tahun 2019 ini kita bangga dan bersyukur kepada Tuhan serta berterima kasih kita bisa meneruskan tema hiduplah bersahabat dengan semua orang.

Kita bisa ada perubahan dengan cara membungkus diri dalam tema ini mari kita bersahabat dengan sesama dengan seseorang tapi lebih bersahabat dengan semua orang. Di lingkungan diakan tertib dengan aturuan kalau mental spriritualnya itu sudah terbina dari diri sendiri.

Sementara Ketua PBNU Provinsi Papua Tony Wanggai pada kesempatannya dari tahun 2019 ini forum umat beragama dalam menjaga kamtibamas di Papua dari kegiatan kami lakukan bersama, melakukan doa dan puasa karena menjadi kunci agar pelaksaan menjadi aman kondusif. Memasuki tahun baru yang lebih baik dan ada perubahan yang signifikan selama ini Pemerintah Provinsi Papua selalu bersama doa menjadi kunci orang beriman.