Bantu Warga, Kemensos RI Salurkan 3.000 Paket Bansos di Klaten dan Surakarta

oleh -

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan 3.000 paket sembako bantuan sosial kepada masyarakat Kabupaten Klaten dan Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam ketahanan pangan, terutama bagi yang belum tersentuh bantuan di tengah pandemi Covid-19.

“Kemensos berusaha membantu masyarakat Indonesia tanpa terkecuali, khususnya yang terdampak Covid-19 yang memang dirasakan oleh semua pihak, baik pekerja, pengusaha, ibu-ibu sampai anak-anak,” ucap Grace Batubara, Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemensos RI dalam keterangannya kepada Nusantarapos.co,” Sabtu (10/9).

Paket berupa sembako yang dibagikan yaitu 1.000 paket sembako kepada Yayasan Rumah Nusantara Kab.Klaten dan 2.000 paket sembako melalui Dinas Sosial Kota Surakarta, yang akan disalurkan ke Panti Asuhan, Pekerja Sosial, dan Karang Taruna di Kota Surakarta.

Penyaluran bansos di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang diselenggarakan pada Jumat (9/10) dihadiri oleh Pejabat Sementara Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko di Kantor Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten.

Rubiyem (71) salah satu warga yang menerima bantuan tidak dapat menutupi kebahagiaannya ketika menerima bantuan yang diberikan langsung oleh Grace Batubara.

“Selama corona ngga ada kerjaan lagi, bingung mau makan apa. Biasanya buruh cuci, baru sebulan ini jualan minuman di pinggir jalan. Sehari dapet Rp.10.000-20.000 ribu. Terima kasih ibu..saya sangat senang,” ungkap Rubiyem.

Rombongan juga sempat mendatangi rumah Umi Sri Widati (65) salah satu warga untuk menyalurkan secara langsung.

Umi yang sehari-harinya berjualan makanan di pasar berkeluh kesah karena sejak pandemi pendapatannya sangat menurun drastis.

“Selama corona in sulit dan sepi, sehari hanya sekitar Rp.15.000-Rp.20.000 ribu, tapi saya syukuri buat makan. Dikasih bantuan ini ya terharu, sampai ga bisa bilang apa-apa lagi. Masih ada yang peduli Alhamdulillah. Terima kasih Kemensos,” tutunya.

Grace yang turun langsung membagikan paket bansos kepada masyarakat berharap bantuan ini dapat sedikit membantu dan semoga bermanfaat.

“Mudah-mudahan apa yang kami berikan bisa membantu, khususnya dalam hal kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Semoga kita kuat bersama dalam gotong royong menghadapi pandmei ini,” harapnya.

Sedangkan di Surakarta, rombongan Kemensos disambut oleh Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo di Aula Balaikota Surakarta, Jawa Tengah.

“Atas nama pemerintah Kota Surakarta kami ucapkan terima kasih. Bantuan ini akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Surakarta kepada 12 panti anak, 6 panti disabilitas, 5 panti lansia, 3 panti psikotik, 6 LKS non panti, serta Pekerja Sosial Masyarakat dan Karang Taruna di 5 Kecamatan Kota Surakarta,” kata F.X. Hadi Rudyatmo.

Kemensos juga menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Kewirausahaan Sosial yang bersumber dari dana hibah senilai total Rp.298.000.000 bagi 596 KPM PKH Graduasi yang mempunyai rintisan usaha di 5 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Dana sebesar Rp.500.000,-/KPM ini akan disalurkan oleh Dinas Sosial Kab/Kota kepada KPM PKH. Tujuannya adalah sebagai penyangga dan penguatan usaha mereka pada masa pandemi Covid-19. (AKA)