Peduli Pandemi, Rumah Tahfidz di Yogya Ini Siapkan Program Mondok Gratis Setahun

oleh -

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Di Yogyakarta terdapat sebuah rumah rumah atau pondokan yang memberikan fasilitas pendidikan gratis sebagai bentuk kepedulian kepada sesama di masa pandemi Covid-19 ini.

Bernama Rumah Tahfidz Al Hidayah Mancasan, terletak di Jalan Merpati No 98, Mancasan Lor Condongcatur, Depok, Sleman.

Rumah Tahfidz Al Hidayah merupakan rumah hafalan Alquran khusus bagi ikhwan atau anak laki laki yang memberikan Program Mondok Free untuk tempat tinggal selama 1 tahun.

“Ini merupakan program yang kami buat dengan tujuan membantu para anak-anak untuk mendapatkan pendidikan agama yang kualitas, terutama di bidang agama, hafalan Al Qur’an di tengah pandemi ini,” ujar Penanggung Jawab Rumah Tahfidz Al Hidayah, Ustad Teguh Ghozali, saat ditemui Nusantarapos di pondoknya, Sabtu (27/2).

Teguh menjelaskan, pendidikan agama merupakan satu hal yang penting dan tidak sedikit yang mencari tempat pendidikan yang bisa percaya orang tua untuk menitipkan anaknya, terlebih berada di luar kota.

“Di sini orang tua tak perlu khawatir bila menitipkan anaknya karena sistem pembelajaran mondok di rumah Thafidz Al Hidayah, sangat lengkap dan memiliki kapasitas yang bisa diandalkan,” jelasnya.

Di masa pandemi Covid19, umah hafalan Alquran khusus bagi ikhwan atau anak laki laki tersebut, kini menyelenggarakan Program Mondok Free untuk tempat tinggal selama 1 tahun.

Syarat bagi yang ingin menjadi santri di Rumah Thafidz ini sangat mudah, di antaranya berumur 15-22 tahun, target hafalan Al Quf’an12 bulan dan mengikuti program karantina sampai selesai.

“Selain persyaratan itu, santri juga harus mau mematuhi segala tata tertib di Rumah Tahfidz Al Hidayah,” tambahnya.

Setelah lulus para santri juga akan mendapatkan Sertifikat Pencapaian Hafalan, dan tidak ada kewajiban untuk mengabdi.

Pondok yang nyaman dan memberikan ketenangan ini, juga mewajibkan santrinya untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan serta membawa surat antigen saat mendaftar.

Program Mondok Free, diharapkan dapat menjadi langkah agar pendidikan agama bagi anak anak di seluruh Indonesia bisa terus berjalan meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Selama melakui karantina 1 tahun, penerapan protokol kesehatan wajib dijalani. Fasilitas penunjang kesehatan mulai hand sanitizer, tempat mencuci tangan serta menjaga pola hidup sehat dan kebersihan benar benar kami tanamkan kepada santri,” ungkap Ustad Teguh.

Sementara itu, Penanggung Jawab Program, Ustad Hizbullah, menyampaikan, program ini tidak lepas dari kerjasama dengan berbagai pihak yang juga berupaya saling berbagi demi jalannya Program Mondok Free 1 Tahun Rumah Tahfidz Al Hidayah.

“Saya menyampaikan rasa terimakasih kepada @rumahquran19, @rumahquran, dparagon.com dan djuragankamar.com yang turut membidani Program Mondok Free sebagai terobosan baru,” kata dia.

Hizbullah berharap, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak ini bisa menjadi percontohan pendidikan agama terutama hafalan Alquran di masa pandemi Covid-19.

” Mudah-mudahan Program Mondok Free ini bisa memberi solusi bagi masyarakat dimana kebutuhan untuk memberi bekal ilmu keagamaan terutama hafalan Alquran sangat penting bagi anak anak,” harapnya.

Bagi orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya dapat menghubungi ke nomer WA 085156833908 (WhatsApp).

Gelombang pertama, dimulai tanggal 1 hingga 12 Maret 2021 dan Gelombang 2 dibuka mulai 15 hingga 30 Maret 2021 dan Program Mondok Free akan dimulai 3 April 2021/2022. (AKA).