Bangun Taman Baca di Blukbuk, Ini Alasan Dansatgas TMMD 105 Kronjo

oleh -

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengungkapkan alasan akan membangun taman baca di Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Kata Parada, gerakan literasi harus semakin digaungkan. Pasalnya, minat baca masyarakat Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan negara-negara maju dan Asia.

“Minta baca ini berkorelasi dengan daya kritis masyarakat dalam menyerap informasi. Di era internet dan media sosial seperti saat ini, daya kritis terhadap sebuah informasi sangat pentng,” ungkapnya, Jumat (26/7/2019).

Parada mengutip rilis hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organisation for Economic Co-Operation and Develompent (OECD) tahun 2015. Berdasarkan penelitian itu, minat baca masyarakat Indonesia berada di rangking ke 63 dari 70 negara yang disurvei. Responden survei tersebut anak-anak sekolah usia 15 tahun, jumlahnya sekitar 540 ribu anak.

Ia juga mengutip peringkat literasi bertajuk ‘World’s Most Literate Nations’ yang diumumkan pada Maret 2016. Berdasarkan produk dari Central Connecticut State University (CCSU), kata Parada, Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang disurvei. Indonesia masih unggul dari satu negara, yakni Botswana yang berada di kerak peringkat literasi ini. Nomor satu ada Finlandia, disusul Norwegia, Islandia, Denmark, Swedia, Swiss, AS, dan Jerman. Korea Selatan dapat ranking 22, Jepang ada pada ranking 32, dan Singapura berada di peringkat ke-36. Malaysia ada di barisan ke-53.

“Berdasarkan data itu, ada tantangan sekaligus tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan minat baca masyarakat hingga ke tingkat pedesaan,” tambahnya.

Lanjut dia, taman baca yang akan dibangun di lokasi bakti fisik TMMD itu akan mudah diakses oleh masyarakat, karena dibangun di lahan yang setiap saat warga mendatanginya.

“Kami rencanakan taman baca tersebut dibangun di dekat masjid, sehingga mudah diakses oleh warga,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa.