Nova Paloh Dukung Kemandirian Warga Kebon Baru Lewat Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’

Nova Paloh Dukung Kemandirian Warga Kebon Baru Lewat Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Dampak pandemi covid-19 yang melanda Indonesia khususnya warga Jakarta membuat semua lini kehidupan sangat berdampak. Terutama segi-segi perekonomian bagi warga Jakarta. Tidak sedikit, warga Jakarta yang kehilangan pekerjaaan bahkan demi mempertahankan hidupnya harus mengais rejeki dari limbah rumah tangga, seperti yang dialami Ibu Boyo warga RT 09 RW 04 Kebon Baru Jakarta Selatan.

Hampir 2 tahun belakangan ini, sejak Suaminya kehilangan pekerjaannya akibat akibat pandemi, Ibu Boyo harus mengais rejeki dari pintu ke pintu warga Kebon Baru. Beruntung, sejak kehilangan pekerjaan suaminya, keluarga ibu Boyo mendapat perhatian dari tokoh masyarakat yang juga Anggota LMK Kelurahan Kebon Baru yang bernama Buchari yang biasa dipanggil Bang Buce.

Bang Buce merupakan pemerkasa Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’ di wilayah Kebon Baru. Sehingga dapat membimbing keluarga Boyo untuk bangkit dari keterpurukan. Dengan jalan mengasong dan mengumpulkan limbah rumah tangga yang bisa didaur ulang atas bimbingan Bang Buce lewat Bang Sampah yang selama ini dirintis untuk membantu perekonomian warga Kebon Baru.

” Berkat Bang Buce, saya dan keluarga dapat bertahan dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi. Dengan berpartisipasi mengumpulkan limbah daur ulang dari rumah tangga,” ujarnya kepada media, Sabtu (25/12/2021).

Sementara itu pemerkasa Bank Sampah di Kelurahan Kebon Baru ‘Kebun Edukasi’ Bang Buce mengaku, dirinya mendirikan Bank Sampah semata-mata untuk membantu warga Kebon Baru untuk berdikari dalam membantu perekonomian yang terdampak akibat pandemi selama ini. Bahkan dalam menjalankan ide Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’ itu, dirinya juga didukung penuh oleh Ketua RW 04 Bapak Arief Jaohari.

Pekerjaan mengumpulkan limbah rumah tangga ini, kata Bang Buce, bukanlah pekerjaan hina. Bahkan dari pekerjaan ini bisa menghasilkan emas. Hal itu, bisa dilakukan dengan mengumpulkan dengan jumlah tertentu dan menukar limbah rumah tangga dengan emas. “Bisa juga ditukarkan dengan sembako. Intinya keberadaan Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’ ini untuk membantu perekonomian masyarakat,” jelas Bang Buce.

Tidak heran, sepak terjang tokoh masyarakat Kebon Baru ini mendapat perhatian besar dari anggota DPRD fraksi Nasdem DKI Jakarta Nova Harivan Paloh. Bahkan untuk membantu dan menunjang Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’ yang diprakasai Bang Buce, Nova memberikan satu unit Germor.

” Germor ini untuk menunjang Bank Sampah ‘Kebun Edukasi’ warga Kebon Baru yang selama ini sangat membantu perekonomian warga. Dengan adanya Germor ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Kebon Baru khususnya warga RW 04,” ujar Anggota DPRD dari Nasdem ini.