Kebakaran Lahan Gambut di Riau, Tokoh Pemuda Minta Pemerintah Sigap

oleh -85 views
Muhammad Rahul (Indopolitika)
Muhammad Rahul (Indopolitika)
Muhammad Rahul (Indopolitika)
Muhammad Rahul (Indopolitika)

Jakarta, NusantaraPos – Kebakaran lahan gambut terjadi di Desa Kebumen, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau sejak 28 hingga 30 Januari 2019. Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Masyarakat Peduli Api (MPA) dibantu perusahaan PT Sumatera Riang Lestari (SRL) masih berjibaku melakukan pemadaman api di lahan seluas 15 hektar tersebut.

Tokoh pemuda yang juga kader Partai Gerindra, Muhamad Rahul, mengaku prihatin atas kejadian yang dinilai kerap kali terulang di Riau. Ia mengaku sering mengingatkan masyarakat serta pemerintah, agar melakukan pengelolaan lahan gambut secara serius.

“Hingga haru ini saya mendapat kabar lahan gambut di Bengkalis masih terbakar, sudah sekitar belasan hektar. Ada yang perlu dibenahi oleh pemerintah,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).

Belum diketahui penyebab kebakaran lahan. Hanya ia menduga bencana tersebut tidak terlepas akibat musim kemarau.

“Lahan gambut ini kan memang lahan yang mudah terbakar, harusnya disiasati supaya ketika musim kemarau tidak terjadi kebakaran,” tutur Rahul.

Petugas sendiri masih kesulitan menjinakkan api. Sebab selain cuaca panas, angin kencang semakin memperluas lahan gambut yang terbakar. Di samping itu jarak sumber air dengan lokasi kebakaran cukup jauh.

“Kita berharap api segera dapat dikendalikan dan kebakaran ini tidak terus meluas. Pemerintah harus segera mengambil tindakan pencegahan supaya tidak terulang lagi. Kita juga mengimbau agar warga jangan membuang puntung rokok yang masih menyala dengan sembarangan apalagi sedang berada di lahan yang rawan terbakar,” tandas calon anggota DPR RI daerah pemilihan Riau I. (RK)