Yayasan Rumpun Nurani Undang 100 Ayah Pejuang Nafkah Buka Puasa Bersama

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Sebanyak 100 orang Ayah Pejuang Nafkah menghadiri buka puasa bersama yang digelar oleh Yayasan Rumpun Nurani di Kolektif Co space.

Seratus Ayah Pejuang Nafkah tersebut terdiri dari pengemudi Ojek Online (Ojol) , Satpam, Cleaning Service, Buruh Harian dan lainnya.

Koordinator Pembinaan SDM di Yayasan Rumpun Nurani Kenyo Mitrajati mengatakan, ini adalah program rutin setiap bulan Ramadan.

“ Setiap tahun kami mengadakan program Ramadan Bersama Nurani (RBN) ini,” ujar Kenyo Mitrajati di lokasi buka puasa bersama, Kamis (21/4).

Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi kebahagiaan dan sebagai wujud kepedulian pada sesama di bulan yang penuh berkah dan suci ini.

“ Kita perlu meningkatkan kepedulian pada sesama. Terutama setelah pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak dan Ayah sebagai tulang punggung keluarga perlu mendapat support agar dapat terus semangat bekerja,” jelasnya.

Tahun ini Ramadan Bersama Nurani ditutup dengan siraman rohani dari program Obrolan Perkara Ayah (OPERA) dengan tema, Dosa yang terhapus dengan mencari nafkah disampaikan oleh Ustadz Sasongko Jati , Komandan Pasukan Amal Sholeh DIY. Acara ini merupakan kolaborasi dengan Kolektif Co Space yang menjadi tempat berkumpul berbagai kegiatan produktif muslim di Yogyakarta.

Ketua panitia acara OPERA , Syamsul Husen menyebutkan, acara ini sebagai pernyataan terima kasih pada semua Ayah yang telah menjadi pejuang nafkah bagi keluarganya. “ Semoga memberikan semangat dan menjadi ibadah semua Ayah di bulan Ramadan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Nadhif Rabbani sebagai Koordinator RBN 2022 mengungkapakan rasa senangnya sebagai relawan muda yang peduli dan belajar agar dapat menjalankan amanah.

“ Kami sangat senang bisa bergabung diupaya ini dan berharap kegiatan2 seerti ini menginspirasi lebih banyak relawan lagi,” tuturnnya.

Ramadan Bersama Nurani yang merupakan program tahunan Yayasan Rumpun Nurani mengadakan berbagai kegiatan diantaranya menyebarkan iftar nurani dan yang disebar ke panti asuhan dan komunitas maupun ke pelosok desa.

Berbagi Bahan Pangan yang tahun ini difokuskan pada Lansia dan Ayah Pejuang Nafkah, serta kajian anak muda, rasional dan religius di acara Ngaji@Kolektif dan Kajian Obrolan Perkara Ayah (OPERA). Semua kegiatan ini merupakan sinergi dari berbagai pihak diantaranya dengan Baitul Maal Muamalat , Kolektif Co.Space dan para donatur baik individu ataupun lembaga. (AKA)